PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Yogyakarta

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Yogyakarta

Kepala BSIP Yogyakarta Hadiri Penyerahan Bantuan Pompa Air di Kabupaten Kulon Progo




Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Yogyakarta, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPP) Provinsi DIY, Komandan Kodim 0731/Kulon Progo, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kulon Progo, Sekretaris DPP Kulon Progo, Kabid Produksi dan Perlindungan Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Kabid Penyuluhan dan Prasarana Pertanian, Kepala UPT Penyuluhan Pertanian dan para Penyuluh Pertanian serta 23 Kelompok Tani penerima bantuan Alsintan Pompa Air.

Sambutan Kepala Bidang Tanaman Pangan Provinsi DIY, program pompanisasi diharapkan dapat menjadi masukan untuk merevisi perbub terkait pola tanam padi-padi-palawija, menjadi padi-padi-padi sebagai antisipasi terhadap dampak El Nino yang mengancam ketahanan pangan nasional. Bantuan pompa digunakan untuk sawah tadah hujan dan juga lahan petit (tidak terlayani irigasi) sebagai lahan yang dioptimalkan untuk penambahan PAT sehigga mampu menopang sampai dengan panen.

Dilanjutkan acara diskusi, beberapa kelompok tani mengajukan beberapa pertanyaan, diantaranya kelompok tani di Kebonharjo Samigaluh, sebanyak 21 ha lahan sawah terserang Wereng Batang Coklat (WBC) dan sudah dilakukan Gerakan Pengendalian (gerdal) secara terus menerus, lahan yang dapat terselamatkan seluas 5 ha. Untuk program rehabilitasi lahan, diusulkan untuk mengganti tanaman padi menjadi tanaman jagung sehingga mampu memutus mata rantai perkembangan WBC dan pompa bantuan tersebut dapat digunakan untuk pengairan tanaman jagung. KT Ngudi Rejeki Cikalan Banjarharjo Kalibawang menyampaikan terkait debit air yang berkurang akibat kebocoran saluran air karena pondasi yang amblas akibat pergerakan tanah, perlu diberikan solusi perbaikan saluran air dengan pipa. KT Bangun Karya Kulwaru Wates terkait lahan surjan 25 ha, diperlukan tempat penampungan air yang diambil dengan pompa dan dialirkan secara gravitasi.

Pasca penyerahan bantuan pompa air di DPP Kulon Progo dilanjutkan monitoring dan pendampingan kegiatan PAT oleh Tim BSIP Yogyakarta ke Kelompok Tani Satiti di Dusun Jurang, Kalurahan Banjarasri, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo.