PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Yogyakarta

PPID Utama

Menjaga Standar, Meraih Kepercayaan: BSIP Yogyakarta Audit Internal Bidang Mutu Laboratorium Tanah, Pupuk, Air, dan Tanaman




Yogyakarta, 16 Mei 2024 – Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Yogyakarta melanjutkan kegiatan audit internal bidang mutu pada hari Kamis, 16 Mei 2024 di Laboratorium Tanah, Pupuk, Air, dan Tanaman. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari komitmen BSIP Yogyakarta untuk memastikan bahwa layanan dan kualitas pengujian laboratorium yang disediakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Audit internal hari kedua berfokus pada evaluasi mendalam terhadap panduan mutu PM 6.6 tentang Produk dan Layanan Yang Disediakan Secara Eksternal dan PM 8 tentang Persyaratan Sistem Manajemen yang mencakup pilihan, dokumentasi sistem manajemen, pengendalian dokumen sistem manajemen, pengendalian rekaman, tindakan untuk mengatasi resiko dan peluang, audit internal, serta kaji ulang manajemen.

Tim auditor hari kedua terdiri atas Utomo Bimo Bekti, S.P dari bidang administrasi, Widada, A.Md dari bidang teknis, serta Diah Sulistyorini S.P., M.P dan Nurdeana Cahyaningrum, S.TP dari bidang mutu. Tim auditor melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan setiap standar dan prosedur yang dijalankan telah sesuai, mencatat setiap ketidaksesuaian yang ditemukan, serta memberikan saran perbaikan. Di sisi lain, auditee, yaitu Manajer Mutu, Agung Iswadi, S.Si., M.Sc menunjukkan sikap kooperatif dan terbuka selama proses audit berlangsung.

Pelaksanaan audit internal bertujuan untuk mengidentifikasi area-area dan aspek yang perlu diperbaiki melalui rekomendasi-rekomendasi perbaikan yang disepakati bersama. Rekomendasi perbaikan dan tindak lanjut penyelesaian menjadi acuan dalam pengambilan keputusan untuk memastikan kesesuaian standar pengujian mutu, khususnya kesesuaian terhadap standar internasional ISO/IEC 17025:2017.

BSIP Yogyakarta sebagai lembaga yang fokus pada pengujian dan penerapan standar instrumen pertanian berupaya memastikan bahwa layanan pengujian laboratorium yang diberikan telah sesuai dengan standar nasional dan internasional yang ditentukan. Melalui langkah-langkah konkret yang diambil setelah audit internal ini, Laboratorium Tanah, Pupuk, Air, dan Tanaman BSIP Yogyakarta akan terus mendukung dan memberikan kontribusi positif pada pembangunan pertanian, khususnya di wilayah Yogyakarta.

Penulis: Beny Nabila Happy Fauziah (Mahasiswa MBKM PKP UGM 2024)

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Stadion Maguwoharjo No. 22 Wedomartani Sleman Yogyakarta . 55584

Hubungi:

HP & WA: 085878438548
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset