PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Yogyakarta

PPID Utama

Antusiasme Peserta Pelatihan Budidaya Ayam Kampung Kalurahan Tamanan Bantul Belajar Good Farming Practices Budidaya Ayam KUB di IP2SIP Banyakan




  Good Farming Practices 

Kunjungan lapang dan diskusi dipandu oleh drh. Sisca Utami Jati, M.Sc dan tim pengelola IP2SIP Banyakan ke lokasi kandang budidaya ayam KUB, gudang formulasi pakan, ruang penetasan telur dan brooding DOC. Penjelasan secara detail meliputi persyaratan lokasi kandang, konstruksi, ukuran dan perlengkapan kandang, sanitasi dan biosekuriti, komposisi ayam jantan-betina, formulasi dan pemberian pakan, kapasitas mesin tetas, seleksi telur, penetasan telur, pemantauan proses penetasan telur, penanganan DOC, dan packaging DOC terstandar. Peserta terlihat sangat antusias dan diskusi berlangsung secara interaktif untuk mengetahui aspek hulu-hilir budidaya ayam KUB.

Selain mengunjungi lokasi budidaya ayam KUB peserta pelatihan juga diajak untuk melihat keragaan display dan fasilitas yang ada di IP2SIP Banyakan(Plukenetia volubilis) jeruk Keprok Batu 55, pepaya California, budidaya rumput pakan (Biograss, Bionutrisi, Biovitas) dan pengolahan silase untuk pakan ternak. Selain itu peserta juga belajar penerapan sistem irigasi hemat air basah-kering di lahan sawah, pipanisasi sistem gravitasi, pengairan sistem sprinkle, aplikasi sistem irigasi tetes, dan embung penampung air irigasi, Di akhir acara, dilakukan penyerahan publikasi inovasi standar pertanian dan perwakilan peserta memberikan testimoni terkait hasil kunjungan dan rencana tindak lanjut penerapan praktis budidaya ayam kampung terstandar dan dukungan pendampingan kegiatan dari BSIP Yogyakarta.

@ Roesty

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Stadion Maguwoharjo No. 22 Wedomartani Sleman Yogyakarta . 55584

Hubungi:

HP & WA: 085878438548
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset